Jenis Sapi Potong di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa jenis sapi yang merupakan jenis sapi asli maupun jenis sapi import dengan keunggulan masing-masing. Diantaranya adalah:

1. Black Angus, di luar negeri terutama Australia sapi ini dikenal memiliki kualitas daging yang sangat baik dan harga yang lebih tinggi dibandingkan daging dari sapi jenis lainnya. Di Indonesia jenis yang dapat ditemui adalah Brangus (Brahman Angus) yang dikembangkan oleh peternakan Tapos.

2. Brahman, merupakan sapi zebu (Bos Indicus) asal India yang tahan terhadap gigitan serangga & caplak, mampu beradaptasi dengan cuaca tropis & bisa beradaptasi dengan pakan kualitas rendah. Sapi jenis ini kemudian dikawinkan dengan sapi jenis Bos Taurus asal Eropa agar sapi Eropa yang memiliki bobot lebih besar & kenaikan berat bdan lebih cepat bisa di kembangkan di daerah tropis. NTT merupakan lumbung sapi jenis ini yang didatangkan langsung dari negara asalnya dan saat ini dikenal sebagai Sumba Ongole.

3. Limousine, merupakan sapi Bos Taurus asal Eropa yang memiliki peningkatan berat badan harian (ADG ~ Average Daily Gain) mencapai 2 kg/hari dengan berat total yang dapat mencapai 1.2 ton. Sapi kualitas terbaik dengan mudah dapat ditemui di Jawa Timur & Jawa Tengah.

4. Simental, sapi jenis ini merupakan idola dikalangan peternak karena seperti limousine jenis ini memiliki ADG mencapai 2 kg/hari bahkan ada peternak yang mengaku bisa mencapai 3 kg/hari dengan berat total mencapai 1.4 ton.

5. FH (Sapi Perah), selain menghasilkan susu, sapi perah jantan yang bisa mencapai berat 1 ton dan ADG diatas 1kg/hari sering dimanfaatkan sebagai sapi potong. Agar dapat beradaptasi dengan kondisi Indonesia, sapi jenis ini telah dikawinkan dengan sapi lokal terutama Peranakan Ongole (PO) dan banyak ditemukan di sentra susu seperti Malang, Bandung, Boyolali dan banyak tempat lainnya. Harganya relatif murah karena karkas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi.

Selain ke 5 jenis sapi yg ditampilkan diatas, masih ada jenis sapi lokal yang menjadi idola di kalangan pemotong yaitu sapi Bali (Bos Sondaicus) yang merupakan sapi hasil domestifikasi selama berabad-abad dari banteng liar. Memiliki keunggulan berupa persentase karkas yang tinggi mencapai 60% dan memiliki kualitas daging yang bagus dan disukai pembuat bakso.

Masih ada pula jenis lain seperti sapi Aceh, sapi Madura & sapi Kupang yang memiliki perawakan jauh lebih kecil dibanding sapi potong jenis lain.

About these ads

About Peternakan Taurus

Peternakan Sapi & Kambing yang berlokasi di Bekasi; kami mulai beternak sapi potong pada akhir tahun 2009 dengan sapi jenis Brahman Cross asal Australia. Saat ini masih berusaha mendalami sapi potong terutama jenis sapi lokal, berencana beternak sapi potong & perah, dan memulai beternak kambing perah jenis PE.
This entry was posted in Info Peternakan. Bookmark the permalink.

3 Responses to Jenis Sapi Potong di Indonesia

  1. dedi says:

    Selamat dan semoga sukses dengan farm nya.
    Kalau kapan2 mau datang ingin belajar untuk memulai beternak sapi boleh kah?
    Terima kasih,
    Dedi Supriyanto

  2. Pingback: Jual Pedet |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s