Jenis Daging Sapi di Pasaran

Taukah anda pembagian jenis daging sapi di pasaran? Pengetahuan ini mencegah anda dari pemanfaatan/pengolahan daging yang tidak sesuai sehingga mengurangi cita rasanya. Semoga setelah membaca artikel ini anda akan dapat menentukan jenis daging sapi yang tepat sesuai masakan yang akan anda persiapkan.

Daging sapi (Bahasa Inggris: beef) adalah jaringan otot yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya. Sebagai contoh has luar, daging iga dan T-Bone sangat umum digunakan di Eropa dan di Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steak sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan. Akan tetapi seperti di Indonesia dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti sup konro dan rendang.
Selain itu ada beberapa bagian daging sapi lain seperti lidah, hati, hidung, jeroan dan buntut hanya digunakan di berbagai negara tertentu sebagai bahan dasar makanan.

1. BAGIAN ATAS

Paha depan
Daging sapi paha depan atau dikenal juga sebagai chuck adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian atas paha depan. Ciri daging ini adalah berbentuk potongan segiempat dengan ketebalan sekitar 2-3 cm, dengan bagian dari tulang pundak masih menempel ke bagian paha sampai ke bagian terluar dari punuk. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat bakso.

Daging iga
Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga berjumlah sekitar 6 sampai dengan 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga.
Biasanya bagian ini digunakan sebagai bahan dasar makanan khas Makassar, sup konro.

Has dalam
Has Dalam atau fillet atau tenderloin adalah daging sapi dari bagian tengah badan. Sesuai dengan karakteristik daging has, daging ini terdiri dari bagian-bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang, dan kurang lebih di antara bahu dan tulang panggul. Daerah ini adalah bagian yang paling lunak, karena otot-otot di bagian ini jarang dipakai untuk beraktivitas. Biasanya bagian daging ini digunakan untuk membuat steak.

Has luar
Has Luar atau lebih dikenal dengan nama Sirloin adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam. Daging ini adalah daging yang paling murah dari semua jenis has, karena otot sapi pada bagian ini masih lumayan keras dibanding bagian has yang lain karena otot-otot di sekitar daging ini paling banyak digunakan untuk bekerja. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat steak.

Tanjung
Tanjung atau lebih dikenal dengan nama Rump adalah salah satu bagian daging sapi yang berasal dari bagian punggung belakang. Biasanya daging ini disajikan dengan dipanggang.

Lamosir
Lamosir atau lamusir atau dikenal juga dengan nama cube roll adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian belakang sapi di sekitar has dalam, has luar dan tanjung. Biasanya daging ini digunakan untuk makanan khas Batam, Sup Lamosir.

Penutup
Penutup Daging Sapi atau lebih dikenal dengan nama Topside atau Round adalah bagian daging sapi yang terletak di bagian paha belakang sapi dan sudah mendekati area pantat sapi. Potongan daging sapi di bagian ini sangat tipis dan kurang lebih sangat liat. Selain itu bagian ini sangat kurang lemak sehingga jika dibakar atau dipanggang akan sangat lama melunakkannya. Biasanya daging ini digunakan untuk campuran daging pizza.

Punuk
Punuk atau lebih dikenal dengan nama blade adalah daging sapi bagian atas yang menyambung dari bagian daging paha depan terus sampai ke bagian punuk sapi. Pada bagian tengahnya terdapat serat-serat kasar yang mengarah ke bagian bawah, yang cocok jika digunakan dengan cara memasak dengan teknik mengukus. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat makanan khas Nusa Tenggara Timur yaitu Se’i (sejenis daging asap).

Tulang T
Tulang T Inggris: T-Bone) adalah bagian daging sapi yang biasa dibuat sebagai steak. Potongan daging ini terbentuk dari tulang yang berbentuk seperti huruf T dengan daging disekitarnya. Bagian daging yang paling besar biasanya berasal dari bagian has luar, sedangkan bagian kecilnya berasal dari has dalam.

Cingur
Cingur adalah tulang rawan dari bagian hidung dan bibir atas sapi. Biasanya ditemui dalam rujak cingur.

Lidah sapi
Lidah Sapi adalah bagian daging sapi yang berasal dari lidah sapi. Biasanya daging ini digunakan sebagai bahan dasar makanan untuk Sate Padang dan semur lidah. Lidah sapi juga diasap.

Ekor sapi
Ekor sapi atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Buntut sapi adalah bagian ekor dari tubuh sapi. Biasanya bagian ini disajikan sebagai hidangan sup buntut.

Leher sapi
Leher sapi atau biasa disebut chuck steak adalah bagian dagian daging sapi pada daerah leher atau bahu. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat steak atau rendang.

Kepala sapi
Kepala sapi adalah bagian daging sapi sebelah kepala. Kepala sapi ini tidak banyak dagingnya namun mengandung beberapa bagian yang dianggap delicacy oleh sebagian orang. Otak sapi biasa dimasak sebagai gulai dalam Masakan Padang. Sementara itu hidung dan bibirnya dipakai sebagai pelengkap rujak cingur, makanan Surabaya. Kemudian lidahnya sering diasap.

2. BAGIAN BAWAH

Sandung lamur
Sandung lamur (Inggris: Brisket) adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian dada bawah sekitar ketiak. Pada kenyataannya hampir semua hewan yang memiliki bagian dada bawah akan mempunyai bagian daging ini, akan tetapi terminologi yang digunakan untuk bagian daging ini lebih umum digunakan untuk menyebut bagian daging sapi atau bagian daging anak sapi. Bagian daging ini termasuk delapan bagian daging sapi yang utama.
Biasanya bagian daging sapi ini agak berlemak dan digunakan untuk masakan khas Padang seperti Asam Padeh.

Sancan
Sancan (Inggris: Flank / Plate) adalah bagian daging sapi yang berasal dari otot perut. Bentuknya panjang dan datar. Pada dasarnya bagian daging sapi ini lebih keras dibandingkan dengan daging has dan daging iga. Biasanya daging ini digunakan untuk campuran taco, makanan khas Meksiko, dan bisa juga digunakan untuk membuat steak.

Sengkel
Sengkel (diucapkan [sɛŋkəl] Belanda: Schenkel, Inggris: Shank / Shin) berasal dari bagian depan atas kaki sapi. Biasanya digunakan sebagai bahan dasar sup, soto dan bakso urat.

Gandik
Gandik (Inggris: Silver Side) adalah bagian paha belakang sapi terluar dan paling dasar. Banyak yang sering tertukar dengan menyamakannya dengan Daging Paha Depan atau Shank. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat dendeng balado atau abon sapi.

Kelapa
Kelapa (Inggris: Knuckle) adalah bagian daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas yang berada di antara penutup dan gandik. Biasanya hidangan yang menggunakan daging ini adalah panggangan dan casserole.

Hati sapi
Hati sapi adalah bagian tubuh sapi yang berasal dari hati. Biasanya hidangan yang dapat dibuat oleh bagian tubuh ini adalah sambal goreng.

Jeroan sapi
Jeroan sapi adalah bagian dalam tubuh sapi yang terdiri dari usus, limpa dan babat. Biasanya hidangan yang dapat disajikan dengan bahan bagian tubuh ini adalah Coto Makassar.

Kaki sapi
Kaki sapi adalah bagian daging sapi pada bagian kaki yang biasa digunakan sebagai bahan dasar makanan. Biasanya daging ini digunakna untuk membuat sup kikil dan mi kocok bandung.

Kulit sapi
Kulit sapi ialah bagian paling luar daging sapi. Kulit sapi biasanya dikeringkan dan digoreng menjadi rambak.

Tetelan
Tetelan adalah bagian daging sapi yang sebenarnya merupakan sisa daging yang melekat pada tulang. Daging ini berupa campuran daging, urat, lemak dan sebagainya. Tetelan telah dikelupas dari tulang dan dipotong-potong. Biasa daging ini digunakan untuk sup atau rawon.

(diambil dari berbagai sumber)

About these ads

About Peternakan Taurus

Peternakan Sapi & Kambing yang berlokasi di Bekasi; kami mulai beternak sapi potong pada akhir tahun 2009 dengan sapi jenis Brahman Cross asal Australia. Saat ini masih berusaha mendalami sapi potong terutama jenis sapi lokal, berencana beternak sapi potong & perah, dan memulai beternak kambing perah jenis PE.
This entry was posted in Info Peternakan. Bookmark the permalink.

21 Responses to Jenis Daging Sapi di Pasaran

  1. article site says:

    baru tau, makasih infonya lengkap. biasa makan daging sapi tapi ngga tau itu bagian mana :)

  2. yusep says:

    thank 4 ilmunya. salam kenal dari saya. kebetulan saya lagi mencoba berternak beberapa sapi dan kambing rencana untuk dijual saat lebaran haji. karena saya belum tahu menjualnya kemana selain untuk lebaran…

    • Salam kenal Pak Yusep. Untuk penjualan kambing dan sapi paling bagus memang saat lebaran haji (Idul Adha) karena kita bisa jua llangsung ke konsumen akhir sehingga harga relatif tinggi dan pembayaran lebih lancar. Semoga sukses dengan percobaannya pak.

  3. sinta says:

    Salam Kenal. saya mau tanya ada jual daging untuk steak?? kira berapa harganya yah? terima kasih sebelum nya.

    • Saat ini kami belum menyediakan produk daging. Namun dalam waktu dekat kami akan berusaha memenuhi kebutuhan daging terutama daging Black Angus kelas premium dengan harga yang bersahabat untuk seluruh kelompok masyarakat. Terima kasih.

  4. rani says:

    mau tanya ada jual daging sapi untuk steak?? terima kasih atas infonya

    • Untuk saat ini kami belum bisa memenuhi kebutuhan produk daging, namun ke depannya kami sudah berencana menyediakan daging berkualitas premium sekelas black angus dengan harga yang bersahabat.
      Terima kasih atas kunjungannya ke blog kami, dan semoga sukses dengan usahanya.

  5. dody says:

    salam kenal.. saya sebenarnya tertarik memulai usaha peternakan sapi potong ini. semoga bisa terealisasi..amin

  6. dalfa sidik says:

    salam kenal,,,,,,,,saia pedagang daging sapi dari bandung,,,,,,,apa boleh saia minta saran dari peternakan taurus,,,untuk kelancaran usaha saya????

    • Terima kasih atas kunjungannya.
      Sampai 2 tahun ini kami jg masih belajar, pengetahuan kami masih sangat terbatas. Tapi kami senang jika bapak bisa berbagi masalah & pengalaman untuk pelajaran bagi siapa saja yg berkunjung ke blog ini.
      Sok atuh di share wae pak.
      Nuhun…

  7. Putra says:

    Salam,
    Perkenalkan saya adalah Putra, saya punya rencana untuk membuka restoran soto sapi di daerah jakarta utara, apakah perusahaan bapak dapat men-supply kebutuhan kami td daging sapi? Dan apakah bapak juga menyediakan “jeroan” sapinya, khususnya bagian urat/otot (tendon)? Jika memungkinkan, mohon agar secepatnya surat saya ini dibalas, terima kasih.

    Putra.

    • Salam kenal juga Pak Putra, kami dapat menyediakan daging dan jeroan yang Bapak butuhkan untuk restoran Bapak dan penawaran harga sudah kami kirimkan ke email Bapak. Terima kasih atas kunjungannya ke blog kami, semoga ini menjadi awal kerjasama yang saling menguntungkan.

  8. Pingback: Jenis Daging Sapi di Pasaran | kuliner maknyus

  9. Pingback: Jenis Daging Sapi di Pasaran | Resep Masakan Andalan

  10. agus says:

    kang Fani..,dr bbrp info yg sy dapat, kesimpulannya daging sapi impor kualitasnya lebih bagus drpd daging sapi lokal…apakah bener begitu? apa yg bikin beda?

    • Kang Agus, masalah kualitas daging tergantung dari peruntukannya.
      Di Indonesia umumnya orang lebih suka daging warna merah dengan sedikit guratan lemak yang berarti daging tersebut cenderung keras atau liat dikarenakan orang indonesia biasa memasak daging dalam waktu lama, contohnya rendang atau abon.
      Sapi import umumnya dagingnya lebih pucat, yang berkualitas bagus (menurut standard luar negeri) memiliki guratan lemak atau biasa disebut marbling. Daging seperti ini relatif empuk dan disukai orang luar negeri krn mereka mengolah daging dengan dibakar (steak). Daging jenis ini kurang sesuai untuk dibuat abon, sebagian pembuat bakso jg kurang suka karena kurang ngembang walupun banyak juga yg sudah pakai daging sapi import.
      Saat ini sapi import harganya tinggi karena penghentian pengiriman oleh Australia dan pembatasan jumlah oleh pemerintah.
      Sapi lokal juga memiliki kualitas yang bagus, contohnya adalah sapi Bali & sapi Brangus yang dagingnya berbeda dg sapi jenis lain.

  11. Opi says:

    assalamu’alaikum..
    saya opi. mau tanya, di peternakan taurus menyediakan Knuckle atau Kelapa sapi? jika ada berapa harganya? mohon segera dibalas.
    terima kasih..
    wasalam

    • Terima kasih pak Opi.
      Saat ini kami sedang mempersiapkan momen Idul Adha sehingga penjualan daging masih kami tunda untuk sementara waktu.
      Bapak bisa mengirimkan no telpon yang bisa kami hubungi untuk kami informasikan mengenai persediaan kami.

      Demikian.

  12. Opi says:

    baik, jika ada informasi bisa hubungi saya di 0813 1335 3965. sekalian bisa kirimkan harga sapi dan kambing kurban untuk 2011? terima kasih sebelumnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s