Pembuatan Jerami Fermentasi

Jerami padi merupakan salah satu limbah pertanian yang cukup besar jumlahnya dan belum sepenuhnya dimanfaatkan. Produksi jerami padi bervariasi yaitu dapat mencapai 12-1 5 ton per hektar satu kali panen, atau 4-5 ton bahan kering tergantung pada lokasi dan jenis varietas tanaman yang digunakan.
Berbagai upaya boleh dilakukan untuk meningkatkan kualitas jerami padi, baik dengan cara fisik, kimia maupun biologis. Tetapi cara-cara tersebut biasanya disamping mahal, juga hasilnya kurang memuaskan. Dengan cara fisik misalnya, memerlukan investasi yang mahal; secara kimiawi meninggalkan residu yang mempunyai efek buruk sedangkan dengan cara biologis memerlukan peralatan yang mahal dan hasilnya kurang disukai ternak (bau amonia yang menyengat).

Cara baru yang relatif murah, praktis dan hasilnya sangat disukai ternak adalah fermentasi dengan menambahkan bahan mengandung mikroba proteolitik, lignolitik, selulolitik, lipolitik dan bersifat fiksasi nitrogen non simbiotik (contohnya: starbio, starbioplus, EM-4 dan lain-lain).

1. Bahan.
– Jerami : 1 ton
– Urea : 6 kg
– Starbio atau bahan sejenis : 6 kg
– Air : Secukupnya

2. Tempat
Ada naungan/atap terhindar dari hujan dan sinar matahari langsung.

3. Cara Pembuatan
– Jerami kering panen dilayukan selama ± 1 hari untuk mendapatkan kadar air mendekati 60%, dengan tanda-tanda jerami kita remas, apabila air tidak menetes tetapi tangan kita basah berarti kadar air mendekati 60%.
– Jerami yang sudah dilayukan tersebut dipindahkan ke tempat pembuatan dengan cara ditumpuk setebal 20-30 con (boleh diinjak-injak) kemudian ditaburkan urea, bahan pemacu mikroorganisme (starbio atau bahan sejenis) dan air secukupnya kemudian ditumpuk lagi jerami seperti cara di atas sehingga mencapai ketinggian ± 1,5 m.
– Tumpukan jerami dibiarkan selama 21 hari (tidak perlu dibolak-balik).
– Setelah 21 hari tumpukan jerami dibongkar lalu diangin-anginkan atau dikeringkan.
– Jerami siap diberikan pada ternak atau kita stok dengan digulung, dibok dan disimpan dalam gudang.
– Tahan disimpan selama ± 1 tahun

About these ads

About Peternakan Taurus

Peternakan Sapi & Kambing yang berlokasi di Bekasi; kami mulai beternak sapi potong pada akhir tahun 2009 dengan sapi jenis Brahman Cross asal Australia. Saat ini masih berusaha mendalami sapi potong terutama jenis sapi lokal, berencana beternak sapi potong & perah, dan memulai beternak kambing perah jenis PE.
This entry was posted in Info Peternakan. Bookmark the permalink.

19 Responses to Pembuatan Jerami Fermentasi

  1. andiaz says:

    Salam kenal pak, nama saya andiaz, untuk penyusunan ransum untuk penggemukan sapi kira2 apa ya pak?
    Terimakasih

    • Salam kenal pak. Sudah sempet nanya di forum FPSI juga ya? Lokasi dimana pak? Nanti filenya saya kirim via email saja ya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terima kasih sudah mampir ke blog kami & sukses selalu…

  2. dagingkuda says:

    Disana, ada pembuatan biogas juga tidak?
    Pengen belajar cara pembuatan biogas nih

    • Salam kenal pak dagingkuda..???
      Kami belum memiliki instalasi pembuatan biogas di kandang kami karena belum bisa memanfaatkan gas yang akan dihasilkan. Untuk teori pembuatan biogas akan kami tampilkan secepatnya. Terima kasih & semoga sukses selalu…

  3. SIIP Aku suka gaya usaha bapak tapi gimana penjualannya ..aku juga punya usaha semanyam itu tapi harga jual diwonogiri minus …usaha sapi tak cocok didaearahku cuman gara gara harga rendah,,,

    • Terima kasih pak Kin. Disinipun kendala utamanya masalah pemasaran. Harus ada jalur khusus untuk pemasaran sapi ke RPH, itupun belum tentu dibayar lunas & harga jual tetap rendah. Kerugian bisa ditutup saat lebaran haji (kurban) saja dimana harga naik & pembayaran tunai sehingga aman untuk peternak. Demikian kira-kira yang saya alami selama 1.5 tahun menggemukkan sapi.
      Terima kasih.

  4. Amir Taat Suhada says:

    Semoga beritanya terus update

    • Terima kasih atas perhatiannya Pak Amir, memang sudah cukup lama kami tidak mengupdate blog ini, itu dikarenakan kami sedang sibuk mempersiapkan yang baru di kandang Taurus, ditunggu saja beritanya sebentar lagi.

  5. johan hady wijaya says:

    salam sejahtera gan,,, apakah dg pemberian jerami fermentasi,sapi tidak perlu diberi hijauan lagi?
    dan apakah jarami tersebut juga bisa diberikan kepada kambing? dan berapa pemberian jerami tsb untuk masing2 sapi dan kambing dalam satu hari?
    terima kasih gan informasinya sangat membantu ditunggu untuk info selanjutnya,, sekali lagi terimakasih gan,,,

    • Trims sudah mampir agan Johan.
      Jerami berfungsi sebagai sumber serat utama, sehingga di beberapa peternakan hijauan tidak diberikan lagi. Ditempat kami sapi masih diberi hijauan dalam jumlah terbatas.
      Jerami fermentasi dapat diberikan kepada domba dalam bentuk complete feed yg prosesnya menggunakan dedak, ampas tahu, bungkil kelapa dan bahan2 lainnya sesuai perencanaan pakan. Pada awalnya domba akan menolak & susut berat badannya selama 2~3 hari, tapi krn lapar akhirnya dimakan juga. Demikian yang kami pelajari di peternakan domba di lamongan.
      Untuk kambing etawa ato kambing jawa kami belum pernah mencoba.
      Semoga informasinya membantu.

  6. ngatmo says:

    aslmm……bpk/mas yg q banggakan….! sy sngat bangga dg bpak2 dmna d tngah2 minim N susah’y mncaari lapngan krja tp kni mampu menciptakan lapangaan kerja mandiri.Klo bsa sya jg pingin spt bpk,wlopun sya tinggal d daerah yg gersang yt d Gnungkidul.kni sya bru mulai tuk proses kearah stu dg mencoba 4 ekor spi PO.Bpk yg sya banggakan daerah sya kan mlimpah akan hsil gaplekY,bsa g ya gaplek d jadikan penyusun konsentrat yg baik gna mnambah bobot harian ternak,……?klo bsa bgi ilmu gih pak kalian kulo tiyang ingkang awam dg ilmu pengetaun ini tp gmbigil pngin berhasil spt bpak,dan bgaimna cra penyusunaan N pemberianY…….ats atnsi’y……mtur swun ingkang tnpo upami ……..wasmlm…….saking tiyang ndeso….. (NGATMO).

    • Waalaikum salam pak Ngatmo yg baik (tapi ndeso…..).
      Gaplek dalah salah satu bahan pakan terbaik untuk ternak karena mengandung cukup protein dan tinggi karbohidrat sebagai sumber energi, cukup diberikan 4kg sehari. Lebih bagus kalo bapak bisa tambahkan dengan 4kg dedak menir yang tinggi protein sehingga pembentukan daging lebih bagus. Sukur-sukur lagi kalo njenengan bisa kasih 1kg ampas minyak kelapa (kalo ndak salah namanya blondo) sebagai sumber protein dan lemak.
      Tinggal diolah yg mana bahan yg lebih murah pak. Kalo bisa kasih campuran pakan 8-10kg perhari diluar rumput insyaallah perkembangan sapinya bagus dan bapak harus hati2 jangan sampai sapine mbledhos.
      Demikian, semoga bermanfaat. Maaf kalo ada salah kata & keterangan.

      Terima kasih dan semoga sukses…

  7. diny says:

    selain buat pakan ternak pa layak jerami padi fermentasi diolah jadi minyak goreng??

  8. zamroni says:

    asalmualaikum,, fermentasi untuk ternak kambing ada yg menyatakan 21 hari,,aada juga paling 3 -5 hari juga bisa, gmana?
    dan untuk mendapatkan starbio,,apa di jual di toko2 bebas?

  9. Suyoko says:

    pak saya mulai ternak kambing pake jerami e kok kurus kurus? apa kurangnutrisi gimana ya pak mhn dijeaskan saya gunakan ampas tahu . bagaimna formulasi yang tepat untuk kambing dg jerami dan ampas tahu, terim kasih. Suyoko di semarang

  10. satrio says:

    saya mau tanya, yang dimaksud urea disini pupuk urea atau ada yang lain, terima kasih

  11. sular says:

    Mau tanya bagaimana cara penggemukan sapi di pedesaan. Sedangkan biaya untuk pembelian konsentrat cukup tinggi sehingga kemampuan kurang. Apakah ada alternatif untuk pakan jerami padi dan bagaimana prosesnya. Thx

  12. padmo says:

    pak or mas mau nanya fermentasi jerami secara auerob ( terbuka ) bisa ngak pakai em-4 ? Terima kasih

  13. opan says:

    Assalmmulaikum….
    Bapak Peternakan Taurus, kalau punya gambar atau disain alat press jerami dan kandang jepit untuk sapi, boleh share pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s