Penimbangan Berat Sapi

Berat sapi adalah faktor utama untuk memperoleh keuntungan dalam penggemukan sapi potong, sehingga penimbangan menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan secara berkala. Kami di Peternakan Taurus melaksanakan penimbangan setiap bulan untuk semua sapi dan tiap 2 minggu menggunakan beberapa ekor sapi sebagai sampel.
Manfaat dari penimbangan yg kami rasakan adalah:
1. Mengkonfirmasi berat sapi bakalan yg kami beli
2. Menentukan jumlah pakan yg akan diberikan
3. Mengontrol kenaikan berat harian sapi sebagai bahan evaluasi pakan
4. Menentukan harga jual sapi
Penimbangan juga harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya cedera dan stres yang berlebihan pada hewan ternak yang akan menyebabkan turunnya bobot ternak saat penimbangan dan setelahnya.


Jenis dan harga timbangan di pasaran sangat bervariasi. Pemilhannya harus berdasarkan kebutuhan dan daya beli kita. Peternakan Taurus memiliki timbangan ekonomis berbentuk loadbar yang dipadukan dengan landasan kayu dan pagar besi memanfaatkan railing yang telah ada di kandang.


Landasan kayu kami buat sendiri dari balok 6x12cm dan papan 3x20cm di kandang kami sehingga biayanya dapat ditekan. Faktor yang penting adalah landasan memiliki area sentuh yang rata dengan loadbar.


Perangkat Penimbangan (Timbangan Digital)

Pada dasarnya timbangan digital terdiri dari Load Cell atau Transducer – yang akan memberikan nilai regangan pada saat penimbangan – dan Weight Indicator atau Display – yang berfungsi untuk “menterjemahkan” regangan yang terjadi pada Load Cell dan mengubahnya menjadi nilai berat. Dan pada aplikasinya dilapangan khususnya dalam penimbangan ternak, Load Cell biasa dikemas dalam bentuk Load Bar (sering juga disebut beam). Dibandingkan Load Cell, Weight Indicator memiliki sistem kerja yang lebih komplek. Karena apabila Load Cell “hanya” memberikan nilai regangan dalam besaran volt, Weight Indicator selain harus “menterjemahkan” nilai regangan tersebut menjadi angka (diwakili oleh chip Analog to Digital Converter), juga harus memiliki chip Display Controller yang berfungsi untuk memvisualisasikan angka berat penimbangan, yang tentunya kedua chip tersebut “dipandu dan dikoordinasikan” oleh BIOS (Basic Input Output System). Bahkan beberapa WeighIndicator juga “melengkapi diri” dengan chip Communication Controller sehingga WeighIndicator memungkinkan untuk dapat berkomunikasi dengan Printer maupun Komputer untuk secara langsung mencetak berat hasil penimbangan maupun untuk komputerisasi dan otomatisasi penimbangan.

Static Weighing vs Dynamic Weighing

Menimbang benda hidup (baca : ternak) tentunya berbeda dengan menimbangan benda mati. Karena dalam menimbang benda mati tidak akan terjadi pergerakan benda yang ditimbang (static), sementara dalam menimbang ternak rasanya jarang sekali saya mendapati ternak yang diam 100% (dynamic). Dan karenanya timbangan untuk ternak berbeda dengan timbangan untuk benda mati. Dalam timbangan ternak dikenal istilah LiveWeighing atau AnimalWeighing dimana fungsi ini kemudian diterjemahkan sebagai fungsi Hold (sering juga disebut Lock, atau di farm juga dikenal dengan istilah Get), baik Manual Hold maupun Automatic Hold. Secara harfiah, fungsi Hold ini akan “menahan” atau “mengunci” berat ternak yang ditimbang sehingga nilai berat tersebut tidak berubah ketika ternak tersebut bergerak atau mengamuk (karena stress). Fungsi inilah yang tidak dimiliki oleh timbangan untuk benda mati. Sehingga pernah ada farm yang “memaksakan diri” menggunakan static weighing untuk timbangan ternaknya, efeknya selain kinerja menjadi lebih lama (karena harus menunggu posisi ternak nyaris diam), juga ketika penjualan ternak seringkali terjadi perdebatan antara petugas penimbang dengan customer dikarenakan pencatatan berat yang selalu berubah karena ternak yang tidak mau diam. Khusus untuk AnimalWeighing, saat ini banyak pilihan merk/brand : RuddWeigh/Gallagher (Australia/New Zealand), True Test (New Zealand), CAS (Korea), Rinstrum (Australia), dll. Berikut ini tips ketika kita akan membeli timbangan, selain tentunya kualitas menjadi faktor utama:

Perhatikan legalitas
Jangan hanya karena fitur AnimalWeighing kemudian kita melanggar hukum. Banyak produk hukum yang membahas legalitas Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UUTP), termasuk sanksi apabila kita melanggarnya. Untuk mengecek legalitas timbangan kita dapat menghubungi Direktorat Metrologi yang beralamat di Jl. Pasteur 27 Bandung.

Pastikan layanan purna jual
Tidak sedikit produsen yang belum memiliki service/sole agent di Indonesia, sehingga ketika terjadi masalah biasanya cukup sulit bahkan seringkali kemudian hanya menjadi “bangkai tak terpakai”. Pastikan layanan purna jual untuk perawatan maupun perbaikan, karena timbangan adalah aset alat ukur yang diperlukan untuk menghasilkan parameter dalam industri peternakan.

Sesuaikan anggaran
Bervariasinya produk menuntut kita untuk jeli dalam memilih. Sesuaikan anggaran dengan kebutuhan (bukan keinginan) tanpa melupakan rencana pengembangan kedepan, sehingga investasi yang dikeluarkan bermanfaat untuk jangka panjang.

Tentukan parameter
Pernah terjadi di salah satu peternak sapi bahwa timbangan yang dibelinya hanya berkapasitas 1ton (1.000Kgs), padahal rumah timbangan sendiri beratnya rata-rata 500kgs, dan berat sapi banyak yang lebih dari 500Kgs. Sepintas masalah tersebut tidak akan terlihat karena pada setiap WeighIndicator dilengkapi dengan Zero Function, tapi ketika dirunut berkenaan dengan kualitas bahan baku LoadCell yang tentunya berdeda untuk setiap besaran kapasitas, masalah mulai muncul. Tentukan kapasitas dan resolusi timbangan serta parameter lainnya sesuai kebutuhan.

sumber: Villa Domba

About these ads

About Peternakan Taurus

Peternakan Sapi & Kambing yang berlokasi di Bekasi; kami mulai beternak sapi potong pada akhir tahun 2009 dengan sapi jenis Brahman Cross asal Australia. Saat ini masih berusaha mendalami sapi potong terutama jenis sapi lokal, berencana beternak sapi potong & perah, dan memulai beternak kambing perah jenis PE.
This entry was posted in Info Taurus and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Penimbangan Berat Sapi

  1. aditya says:

    Mantap banget informasinya
    Boleh tw g harga Load Cell atau Transducer dan Weight Indicator atau Display?
    (Pokokx yg alat elektronikx itu)
    trus beli dmana yg kualitas m hargax bagus?
    Thanks b4

    • Trims sudah mampir bos Aditya.
      Kualitas tergantung sama budget yg dipunya bos. Beberapa merek terkenal seperti Risntrum (Aus) harganya mahal, sementara yg punya kami seharga 8.5jt krn produk China & dibeli di Pak Alik dari Timbangan jaya.
      Alamat penjual bisa dicari di pakde google, diantaranya “Raja Timbangan”.
      Monggo ditindaklanjuti mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s