Konsumsi Protein Hewani Tingkatkan Kualitas SDM

Guru Besar Universitas Negeri Manado (Unima) Prof Dr Revolson Alexius Mege MS menyarankan masyarakat Indonesia didorong mengkonsumsi protein hewani untuk tingkatkan kulitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Protein hewani diperlukan jika kita konsisten mengutamakan pembangunan SDM guna meningkatkan indeks pembangunan manusia, “ujar Revolson, di Kampus Unima, Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (30/7).

Protein hewani yang berasal dari daging, susu dan telur memiliki peranan besar dalam pembentukan kualitas manusia. SDM berkualitas selain merupakan unsur terpenting yang perlu memperoleh prioritas dalam pembangunan, juga sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan.

“Peningkatan kualitas SDM dicirikan adanya peningkatan harapan hidup, sangat ditentukan oleh kualitas pangan hewani terutama protein hewani yang dikonsumsinya,”katanya.

Dijelaskan, sampai saat ini konsumsi protein hewani di Indonesia masih tergolong sangat rendah dibandingkan dengan beberapa negara tetangga.

Hal ini menunjukkan perlunya upaya serius harus dilakukan oleh berbagai pihak dalam meningkatkan konsumsi protein hewani tersebut.

Dalam meningkatkan konsumsi protein hewani, kata guru besar tetap dalam bidang fisiologi hewan fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Unima itu, memang akan menemui berbagai kendala.

Kurangnya sadar gizi berarti rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat akan gizi dan faktor selera. Sedangkan mampu gizi konsumsi daging berkolerasi pada pendapatan.

“Dengan demikian jangan salah kalau rendahnya konsumsi protein hewani berdampak pada tingkat kecerdasan,”jelasnya.

Rendahnya konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia antara lain diakibatkan oleh masih lemahnya daya beli masyarakat.

Begitu pula diakibatkan adanya kasus Avian Influenza (AI) yang masih belum dapat diselesaikan secara tuntas.

“Namun, terpenting lagi yaitu masih rendahnya sosialisasi sadar gizi terhadap masyarakat Indonesia, sehingga tak heran jika kesadaran masyarakat terhadap pemenuhan gizi protein hewani masih rendah, “ujarnya.(Ant/BEY)

sumber : http://www.metrotvnews.com

About Peternakan Taurus

Peternakan Sapi & Kambing yang berlokasi di Cibitung, Bekasi, kami mulai beternak sapi potong pada akhir tahun 2009 dengan sapi jenis Brahman Cross asal Australia. Pada tahun 2011 kami mulai memelihara sapi perah jenis Holstein lokal untuk diambil susunya. Saat ini kami memiliki produk berupa sapi potong untuk kurban & idul fitri serta susu sapi segar.
This entry was posted in Info Lain and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s