Daging Sapi Tingkatkan Gizi

Pemerintah Indonesia tidak pernah bosan dan lupa mengajak masyarakat untuk memberikan menu sehat untuk anak-anak. Dalam rangka mendukung program gizi pemerintah Indonesia, MLA (Meat Livestock of Australia) mengadakan kampanye “Ayo Makan Daging Sapi!” Tujuannya untuk menyampaikan pentingnya gizi seimbang dan peranan daging sapi sebagai penunjuang gizi seimbang.

Dalam acara “Makan daging dengan benar tidak membuat Anda sakit”, pada Kamis 22 Oktober 2009 di Tamani Cafe- Kemang, Aaron Iori, Regional Manager South East Asia dan China Region of MLA, mengatakan “Daging sapi memiliki unsur nutrisi dasar yang membantuk pertumbuhan fisik dan otak anak-anak.”

Pernyataan Aaron Iori ini tidak semata-mata karena MLA sebagai salah satu pemasok daging sapi di Indonesia. MLA menyadari akan pentingnya peran daging sapi untuk pertumbuhan balita, dan ingin mengajak anak-anak Indonesia untuk menjadi generasi dengan gizi yang baik. Untuk membuktikan kebenaran dari daging sapi, MLA mengajak Badan Konsultasi Gizi-IPB untuk mendukung kampanye ini. Dan pada acara yang sama, Sarah Fauzia. S Puspita selaku Ketua Badan Konsultasi Gizi-IPB diundang untuk memaparkan dengan jelas mengenai ‘harta karun’ yang terdapat dalam daging sapi. Sarah menyatakan “Berikan balita daging sapi 3-4 kali dalam seminggu.”

Berikut beberapa manfaat daging sapi:

  • Vitamin B yang termasuk riboflavin, niacin, pantpthenic acid, vitamin B6 dan vitamin B12. Dari sekian banyak ini, daging sapi memang kaya dengan vitamin B12 yang berguna untuk memaksimalkan fungsi neurologi termasuk daya ingat dan konsentrasi.
  • Asam Lemak Omega 3 yang penting untuk fungsi kesehatan sistem syaraf dan penting untuk kesehatan jantung.
  • Zat Besi sangat banyak terdapat pada daging sapi. Keunggulannya adalah untuk pengangkutan oksigen ke otak dan dibutuhkan sebagi elemen penting dalam proses pembentukan otak pada anak.
  • Zinc bermanfaat untuk menunjang sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Salenium yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Protein: Daging sapi adalah sumber protein yang kualitasnya tinggi, yaitu 20-25 gram protein. Protein daging sapi lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan protein yang berasal dari nabati. Daging sapi juga memberikan asam amino esensial yang lengkap dan seimbang.
  • Vitamin D berguna untuk kesehatan tulang dan gigi

Penulis : Natalia Dian P – Redaktur Ayahbunda (sumber : http://www.ayahbunda.co.id)

About Peternakan Taurus

Peternakan Sapi & Kambing yang berlokasi di Cibitung, Bekasi, kami mulai beternak sapi potong pada akhir tahun 2009 dengan sapi jenis Brahman Cross asal Australia. Pada tahun 2011 kami mulai memelihara sapi perah jenis Holstein lokal untuk diambil susunya. Saat ini kami memiliki produk berupa sapi potong untuk kurban & idul fitri serta susu sapi segar.
This entry was posted in Info Lain. Bookmark the permalink.

One Response to Daging Sapi Tingkatkan Gizi

  1. Pingback: bahan makanan bergizi dalam Al-qur’an « iupermatasari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s