Kelahiran di Taurus

18/08/2010
Pagi ini saya mendapatkan kabar dari pekatik (perawat ternak) di kandang; “Kambingnya sudah beranak pak”.
Pada sekitar pukul 6 pagi lahirlah seekor kambing jantan dengan pemacek PE kepala coklat hasil sewaan dan induk Bligon kepala hitam [T2-21C10]. Setelah seharian tidak mau menyusui anaknya, akhirnya pada sore hari si induk membiarkan anaknya menyusu. Ini adalah kelahiran pertama di peternakan Taurus yg membuat suasana kandang menjadi meriah. Saya dan para pekatik heboh menyambut si cempe berwarna putih-coklat ini.


Kambing etawa adalah salah satu peliharaan di peternakan Taurus yang pada awalnya ditujukan sebagai sarana berlatih memerah susu sebelum kami memiliki sapi perah kami sendiri. Namun dengan tingginya harga susu kambing & harga kambing PE, kami tetap memperlakukan para kambing ini dengan sebaik-baiknya.


Dalam satu atau dua hari lagi kami akan mendapatkan anak kambing lagi dari betina PE kepala hitam [T1-21C10] dengan bapak PE kepala coklat yang sama dengan kambing sebelumnya. Diperkirakan sang induk mengandung 2 ekor anak.


Semoga kelahiran hari ini dan berikutnya akan menjadi pembuka bagi kemajuan peternakan Taurus. Amin 3X…..

25/08/2010
Menjelang Zuhur sekali lagi pekatik memberi kabar bahwa kambing Peranakan Etawa [T1-21C10] kami melahirkan seekor anak yang besar. Karena induk tidak bangun setelah melahirkan, kami mengira akan lahir seekor anak lagi. Setelah ditunggu selama 30 menit lebih, akhirnya sang induk berdiri dan mulai membersihkan anaknya. Ternyata dia kelelahan setelah melahirkan anak pertamanya yang meleset dari perkiraan kelahiran awal yaitu tanggal 21 Agustus.


Ukurannya yang besar, warna putihnya yang mengkilat, telinga keriting, & wajah yg ganteng, didapatkan dari perpaduan antara pemacek & induk. Ini adalah anak Peranakan Etawa ke 2 yang lahir di Peternakan Taurus.


Salah satu hal yang paling menyenangkan adalah saya berhasil melaksanaan inisiasi ambing induk kepada anaknya dengan ancar & terkendali. Wajah lucu si cempe menyenangkan hati setiap orang di kandang kami.

2/04/2014

Telah lahir pedet simental betina dengan berat 32kg. Akan kami pelihara untuk jadi  pengganti emaknya. Kelahirannya agak susah karena induknya yg masih pertama kali melahirkan dgn ukuran anak yg cukup besar sehingga harus dibantu tarik.

Simental betina calon penerus penghasil susu

Simental betina calon penerus penghasil susu

IMG_20140602_082921

Usia 2 bulan

 

 

5/04/2014

Pagi di hari Sabtu sedang menikmati liburan bersama keluarga, dapat kabar dari kandang kalo sapi sudah mulai pecah ketuban. Karena sejak awal kami curiga dengan ukuran perut induknya, liburan terpaksa dipersingkat. Siang hari jam 2, terpaksa anak sapi harus kita tarik karena induknya walaupun sudah 2 kali melahirkan sebelumnya tidak punya energi lagi untuk melahirkan. Lahirlah limosine hitam/coklat jantan berat 50kg.

Limosine jantan berat 50kg, untuk dijual

Limosine jantan berat 50kg

IMG_20140523_141209

Usia 2 bulan, di tempat pemilik barunya

30/05/2014

Kali ini si Mona yang sudah 3 tahun berada di kandang kami melahirkan pedet betina FH yang cantik. Lahir pukul 10.30 di hari Jumat yang panas, pedet betina ini diharapkan menjadi calon indukan yang produktif. Berat lahir relatif kecil, hanya 31kg.

IMG_20140530_144920

Pedet betina FH berat lahir 31kg

About Peternakan Taurus

Peternakan Sapi & Kambing yang berlokasi di Cibitung, Bekasi, kami mulai beternak sapi potong pada akhir tahun 2009 dengan sapi jenis Brahman Cross asal Australia. Pada tahun 2011 kami mulai memelihara sapi perah jenis Holstein lokal untuk diambil susunya. Saat ini kami memiliki produk berupa sapi potong untuk kurban & idul fitri serta susu sapi segar.
This entry was posted in Info Taurus and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Kelahiran di Taurus

  1. saya ibu sarah memiliki kambing awalnya sepasang lalu setelah 3 tahun menjadi 8 ekor.Saat ini saya dan suami mencoba memelihara sapi.Kami membeli sapi pedet umur kurang lebih 5-6 bln.Kami beli dari Pasar sapi Jonggol dalam keadaan sehat,namun baru 2 hari sapi diare.Alhamdulilah ada solusi setelah saya melihat artikel Taurus.Mudah2an sapi pedet kami bisa sembuh.Terima kasih Taurus.Oh ya,saya mau nanya kandang sapi ideal seperti apa ? Apakah harus memakai atap ?Terima kasih untuk jawabannya.

    • Ibu sarah,
      terima kasih respond-nya. Semoga berhasil beternak sapi dan kambingnya. Sebagai informasi bahwa kotoran lembek bukan berarti diare ya bu.
      Untuk kandang yg ideal pada dasarnya memiliki tempat untuk meletakkan makanan & air minum serta ada tempat berteduh dari panas dan hujan dan luasnya mencukupi untuk per ekor sapi. Untuk peneduh tidak harus atap, bisa juga berupa pohon yang memiliki kanopi lebar. Silahkan disesuaikan dengan kondisi yang ada.
      Denikian, semoga bermanfaat.

  2. Bayu says:

    Mas, pedet simental ini sudah ada yang adopsi? Terus kalau diadopsi, apakah bisa dipelihara di situ? Bagaimana sistemnya? Mohon dibalas, email saya: bayu71widagdo@gmail.com, no telp bisa dishare di email.

    trims…

  3. tonny gunawan says:

    maap kalau boleh sya tau alamat peternakan taurus di daerah mana ? terima kasih saya bergerak di bidang penggemukan sapi kecil2an siap menampung sapi jantan pedet untuk kami gemukan dan di jual……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s